Rabu, 31 Januari 2018

5 Tips Untuk Menghindari Stress Saat Bekerja

Bekerja di dunia media dan industri kreatif tentu mengharuskan para pekerja selalu menghadirkan gagasan inovatif dan kreatif. Apalagi dengan perkembangan digital yang tidak hanya menawarkan hasil kreatif, tapi juga yang cepat.

Dalam hal ini, bukan tidak mungkin bagi para pekerja di media dan industri kreatif untuk mengalami stres karena tekanan dan tuntutan. Ini harus diantisipasi oleh aktivis media kreatif untuk menemukan cara untuk menciptakan suasana hati dan lingkungan kerja agar tetap nyaman dan menyenangkan diluar tekanan yang ada. Baca: Cara melancarkan haid.

Farghania Arya, seorang praktisi di sebuah perusahaan media kreatif Creative House: Infineed Creative yang menghadiri neraca kerja Serikat Buruh Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Syndication), 28 Januari 2018 di Jakarta, membagikan tip untuk Jaga agar pekerjaan tetap menyenangkan meski di bawah tekanan dan tuntutan.

1. Buat komunikasi yang baik
Sebab, menurut Farghania, komunikasi sangat penting terutama di industri kreatif ini.

2. Ciptakan tempat kerja yang nyaman
Farghania mengungkapkan bahwa kualitas pekerjaan yang salah satu dari mereka menentukan dari tempat kerja yang nyaman, baik dari segi fasilitas, lingkungan kantor dan kebebasan, umumnya dianggap sepele tapi sangat penting di dunia kreatif: "Misalnya mendengarkan lagu, hindari ungkapan 'just gini aja kok revisi' atau 'ganti sedikit doang kok', dan juga gunakan kata 'tolong' dan 'terima kasih', itu penting buat saya, "katanya.

3. Berorientasi pada hasil lingkungan
Artinya, rekan kerja (karyawan) dilepas untuk melakukan apapun asalkan bisa memenuhi tujuan sesuai tenggat waktu yang diberikan. Contoh kecilnya, membebaskan rekan kerja (karyawan), saat lelah atau capek, meninggalkan kantor atau sekadar menikmati fasilitas di kantor agar kehilangan kepayahan, "Anda juga bisa mengadakan rapat sesekali di luar kantor, saya tidak Bosan, dari pengalaman sendiri, tepatnya dari poin ketiga, ini bisa menghasilkan ide baru, "lanjut pria lulusan Broadcast di Universitas Indonesia ini.

4. Ciptakan rasa persatuan
Poin keempat menurut Farghania adalah yang paling penting. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan makan siang, mengadakan barbekyu, mengatur tim konstruksi / pertemuan, atau bisa sesederhana memberi kejutan ke kantor ulang tahun seorang teman. Ini mungkin tampak sepele, tapi dengan penyatuan atmosfer kerja itu akan menyenangkan, katanya.

5. Perbaiki cara memberi instruksi
Ini masih ada kaitannya dengan fase dan siklus menstruasi poin kedua, meski lebih spesifik. Menurut Farghania, ini sepele tapi bisa menambah kenyamanan di kantor. "Misalnya, seperti yang sudah disebutkan di poin kedua, misalkan ada review dari klien, coba hindari ungkapan 'eh, reviewnya gini doang kok kok, bukan?' Ini bisa diubah menjadi 'Guys, ini adalah revisi kecil Poyek kemarin, kita akan mengadakan diskusi lagi untuk karya revisi minor ini,' kata Farghania.

Farghania menambahkan, mungkin ada beberapa poin di atas yang terkesan sepele. Tapi, sekali lagi, ini menurutnya, hal itu sangat mempengaruhi mentalitas rekan kerja. Anda akan merasa lebih dihargai dan dari lingkungan kerja itu Anda akan mendapatkan performa maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar